Untuk kamu yang baru saja atau sedang dalam tahap rencana menikah, pastinya membutuhkan rumah sebagai hunian untuk keluarga baru. Meski sudah memiliki dana yang cukup, tetapi pada kenyataannya membeli rumah tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah, khususnya jika hunian yang diinginkan adalah rumah bekas. Berikut ini, kami berikan tips seputar membeli rumah pertama yang perlu kamu pahami.

  1. Tips Seputar Membeli Rumah Pertama: Siapkan Dana

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk membeli rumah baru adalah dana. Pilihlah rumah yang harganya sesuai dengan dana yang kamu miliki, jangan sebaliknya. Secara umum, ada tiga cara dalam metode pembelian rumah baru, yakni dengan cash, cash installment, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Cash berarti pembayaran dilakukan secara tunai, artinya kamu membayar langsung dengan fisik uang tunai pada saat itu juga. Adapun cash installment adalah pembayaran secara tunai bertahap dalam jangka waktu tertentu dan langsung dibayarkan kepada pihak developer. Sementara KPR merupakan pinjaman yang diberikan oleh bank kepada calon pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan persentase tertentu dari harga rumah atau properti.

Kamu juga perlu menyiapkan uang muka (DP) sebelum membeli rumah yang diinginkan. Pastikan kamu benar-benar menyiapkan tips seputar membeli rumah satu ini, ya!

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar Rumah

Tips kedua seputar membeli rumah pertama adalah cek kembali keadaan lingkuangan di sekitar rumah yang akan kamu huni. Selain kecocokan antar tetangga, penting juga untuk memastikan bahwa lingkungan di sekitar memiliki tingkat keamaan yang akurat.

Kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi rumah yang bebas dari banjir. Hal ini tentu saja perlu dipikirkan matang-matang agar selama menempati rumah baru, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan jika terjadi hujan lebat yang menyebabkan banjir sehingga merusak properti.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui lokasi dari sarana publik, seperti rumah sakit, sekolah, maupun pusat perbelanjaan. Alangkah baiknya jika rumah yang kamu huni berdekatan dengan lokasi tersebut.

  1. Pilih Developer Terpercaya

Bila kamu berencana membeli rumah baru, penting juga untuk memilih developer atau pengembang properti yang sudah memiliki rekam jejak terpercaya. Jangan sampai saat kamu membeli rumah baru justru mengalami hal buruk karena kurangnya pengalaman sang developer. Pastikan bahwa developer pilihanmu tidak memiliki kejanggalan dalam project hunian sebelumnya.

Yang tak kalah penting, perhatikan pula legalitas rumah yang akan kamu beli. Tips seputar membeli rumah satu ini kerap dianggap remeh, padahal kalau legalitasnya bermasalah maka kamu akan menghadapi banyak masalah ke depannya. Itu sebabnya, sebelum membeli rumah cek dulu Surat kepemilikan tanah (SHM, SHGB atau SHP), Akta Jual Beli (AJB), Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), hingga Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

  1. Tentukan Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Salah satu faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam membeli rumah baru adalah mempertimbangkan penataan rumah sesuai dengan tipe rumah yang ditinggali. Jika kamu membeli rumah baru, pastikan ruangan yang kamu ada sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, sangat penting belajar tata ruang khususnya untuk rumah minimalis. Tips dan trik desain interior rumah bergaya minimalis sangat cocok bagi pasangan milenial. Pengaturan interior rumah dapat dimulai dari membeli furniture atau perabotan yang benar-benar dibutuhkan. Kamu perlu memanfaatkan ruang penyimpanan agar ruangan dalam rumah terlihat lebih luas.

Jika membeli rumah bekas, tidak ada salahnya untuk mengganti cat dinding. Gunakan pula warna-warna menenangkan seperti putih, hijau atau biru di dinding rumah. Wana-warna netral ini akan memberikan kesan nyaman saat berada di rumah. Itulah sejumlah tips seputar membeli rumah pertama yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin membeli rumah pertama, tak ada salahnya untuk menetap di kawasan yang nyaman dan dekat dengan berbagai fasilitas kesehatan maupun pendidikan seperti di Grand Sanjaya Residence yang terletak di Jalan Sanjaya VIII, Palembang.

Untuk harganya sendiri kamu enggak perlu khawatir. Pasalnya, harga rumah di Grand Sanjaya Residence sangat terjangkau. Selain itu Grand Sanjaya Residence hadirkan arsitektur rumah klasik modern, sesuai dengan gaya hidup aktif dan minimalis ala generasi milenial. Enaknya lagi, Grand Sanjaya Residence juga melayani pemesanan rumah dengan tipe khusus sesuai permintaan konsumen. Jadi, kamu bisa secara bebas mendesain tata ruang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu.

Tunggu apa lagi? Lakukan pemesanan sekarang juga!